Jumat, 11 November 2011

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Pembahasan Flowchart
Flowchart : digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian simbol khusus
Setiap pernyataan dalam flowchart ditulis dalam sebuah simbol. Beberapa keyword juga harus ditulis di dalam simbol, mendahului pernyataan yang dimaksud.
Terdapat simbol garis berarah yang menyatakan arah proses berikutnya dari suatu simbol. Pembacaan flowchart dilakukan dari 1 simbol ke simbol yang lain mengikuti arah yang ditunjukkan oleh garis berarah.
Simbol  pada Flowchart :
1.    Terminator :
Menyatakan awal atau akhir flowchart.
Terminator awal : Keyword BEGIN untuk menyatakan awal flowchart

Terminator akhir : Keyword END untuk menyatakan akhir dari flowchart

 

2.    Arrow :
Menyatakan arah proses yang bergerak dari 1 simbol ke simbol berikutnya. Pembacaan flowchart harus mengikuti arah panah yang keluar dari sebuah simbol.
Penggambaran garis tanpa disertai arah panah merupakan sebuah kesalahan
3.    Proses :
-   Menyatakan proses yang terjadi secara internal di dalam komputer. Proses ini dilakukan tanpa campur tangan manusia
-      seringkali berupa ekspresi manusia


4.    INPUT / OUTPUT :
-     Digunakan untuk mencetak informasi ke layar atau meminta data dari user melalui keyboard
-  Keyword PRINT digunakan untuk mencetak informasi ke layar , diikuti dengan data yang akan ditampilkan


-    Jika data yang akan ditampilkan lebih dari satu, pisahkan data-data tersebut dari koma    


  

-     Keyword INPUT digunakan untuk meminta data dari user melalui keyboard, diikuti dengan nama variabel yang akan menampung data tersebut 


-      Jika data yang diminta lebih dari satu, pisahkan variabel-variabel penampungnya dengan koma



5.    Decision :
-       Digunakan untuk menyatakan pemilihan alternatif
-       Hasil dari keputusan adalah BENAR atau SALAH. Tidak bisa keduanya menjadi secara bersama
-       Terdapat 2 (dua) panah yang keluar dari ini


6.    Preparation (nilai awal)
-       Digunakan untuk menginisialisasikan variabel
-       Digunakan juga sebagai sarana untuk menentukan tipe variabel


7.     Looping (pengulangan)
-       Digunakan untuk memblock intruksi berulang
-      Proses update counter dilakukan secara otomatis satu demi satu


8.    Connector (penghubung)
-   Digunakan sebagai titik sambungan jika penggambaran flowchart terputus. Huruf yang tertera di dalam simbol ini menyatakan 10 sambungan
-  ON-PAGE connector digunakan jika flowchart sambungan ditulis pada halaman yang sama dengan flowchart sebelumnya 

 
-   OFF-PAGE connector digunakan jika flowchart sambungan ditulis pada halaman yang berbeda dengan flowchart sebelumnya


9.    SUB-PROCESS—> Procedure
-       Sub-Proses berjenis Procedure diawali dengan keyword SUB
-       Akhir sub-proses diakhiri dengan keyword RETURN

10. SUB-PROCESS—> Function
-       Sub-proses berjenis function diawali dengan keyword function
-       Akhir sub-proses diakhiri dengan keyword RETURN diakhiri dengan sebuah nilai balik
 

11. Selection
-       Digunakan untuk mempermudah pembacaan alur percabangan yang terlalu banyak
-       Hanya untuk memeriksa variabel dengan nilai tertentu bukan pada suatu sub-range



12. Lain-lain

Sabtu, 05 November 2011

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Pembahasan : Peseudocode
  1. Pseudocode : digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian pernyataan yang ditulis dalam bahasa sehari-hari
  2. Setiap pernyataan dalam pseudocode ditulis dalam sebuah nomor baris yang menyatakan nomor urut pernyataan. Jika sebuah nomor memiliki sub kegiatan maka digunakan aturan penomoran secara indent.
  1. Nomor Utama
1.1 Sub Nomor
a. Rincian pertama
b. Rincian kedua
c. dst
  1. Pembacaan pseudocode dilakuka n secara urut baris demi baris
  2. Pada kondisi tertentu ada kalanya pembacaan pseudocode tidak dilakukan urut dari baris satu
  3. Terdapat keyword dalam penulisan pseudocode
Keyword tersebut di antara lain :
  • BEGIN = menyatakan awal pseudocode (mengawali)
Keyword ini harus ada dan diletakkan dinomor 1 (satu), dari sini seluruh intruksi bermula
  • End = menyatakan akhir pseudocode (mengakhiri)
Keyword ini harus ada dan diletakkan di nomor terakhir, disini seluruh berakhir
  • IF THEN = menyatakan alternatif pilihan dengan sebuah kemungkinan proses terusan
IF(kondisi) THEN(pernyataan)
Jika (kondisi) bernilai BENAR maka (pernyataan) akan dikerjakan. Sebaliknya, baris akan dilompati
IF THEN-ELSE = menyatakan alternatif pilihan dengan 2 kemungkinan
IF(kondisi) THEN(pernyataan 1) ELSE(pernyataan 2)
Jika (kondisi) bernilai BENAR maka (pernyataan-1) akan dikerjakan. Sebaliknya (pernyataan-2) yang akan dikerjakan
  • WHILE = menyatakan adanya proses berulang bersyarat
WHILE(kondisi)
(pernyataan-1)
...........
(pernyataan-n)
Selama (kondisi) bernilai BENAR maka (pernyataan-1) sampai dengan (pernyataan-n) yang akan dikerjakan
  • FOR = menyatakan adanya proses berulang tanpa berulang
FOR.var = awal.TO akhir
(pernyataan-1)
............
(pernyataan-n)

(pernyataan -1) sampai dengan (pernyataan-n) akan dikerjakan seiring dengan pergerakan nilai variabel “var” dari nilai “awal” sampai nilai “akhir”

Kamis, 03 November 2011

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Deskripsi mata kuliah:
Mata kulaih ini memberikan dasar-dasar pembuatan dengan menggunakan:
1.    Algoritma
2.    Flowchart
3.    Pseudocode
4.    Pemrograman
Serta cara menganalisa dan menyelesaikan sebuah permasalahan.
1. Algoritma:
Susunan langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu persoalan secara logis, efisien dan terstruktur.
- Logis = langkah-langkah tersebut benar
- efisien = setiap langkah langsung menuju ke tujuan
- terstruktur = langkah-langkah tersebut tersusun urut secara logis dan efisien
2. Flowchart:
Penggunaan algoritma menggunakan simbol-simbol khusus
3. Pseudocode:
Penulisan algoritma  menggunakan serangkaian kata-kata menyerupai bahasa pemrograman komputer.
4. Pemrograman:
Kegiatan pembuatan program komputer untuk menyelesaikan persoalan tertentu.

Pengolahan Data:
Media input: mouse, keyboard, sensor
Input diproses menghasilkan Output
Program Komputer
1.    Program
2.    Pemrograman
3.    Interpreter
4.    Complier
5.    Bahasa Pemrograman
6.    Metode Pemrograman

1.    Program : kumpulan intruksi yang disusun sedemikiannya agar komputer melakukan suatu tindakan tertentu.
2.    Pemrograman : kegiatan pembuatan program komputer untuk menyelesikan persoalan tertentu.
3.    Interpreter : metode penerjemaha kode program secara baris demi baris untuk kemudian langsung dikerjakan oleh komputer. Kesalahan yang terdapat dalam kode program akan menyebabkan proses terhenti di tengah jalan.
4.    Complier : metode penerjemahan kode program secara ke seluruhan sebelum dikerjakan oleh komputer. Seluruh kode program sudah dipastikan dalam kondisi benar sebelum dikerjakan.
5.    Bahasa Pemrograman : perangkat lunak khusus yang digunakan untuk membuat program komputer. Sejarah dan perkembangan bahasa pemrograman bisa dilihat di : http://www.evenez.com/lang/history htm1#01.
6.    Metode Pemrograman : Teknik pembuatan program
-       Lincar = spaghetti style. Go to
-       Modularity = procedural
-       Strutured = Go to
-       Object oriented = object based
*Program
   Definisi=kata,ekspresi,pernyataan,atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur (yang)
-       Berupa urutan langkah menyelesaikan masalah (dan)
-       Diimplementasikan dengan menggunakan bahasa  pemrograman (sehingga)
-       Dapat dieksekusi oleh komputer
*Pemrograman
Definisi=proses untuk mengimplomentasikan algoritma menjadi program
*pemrograman terstruktur
-       pemrograman yang memiliki rancang bangun terstruktur dan tidak berbelit-belit (sehingga)
-       mudah ditelusuri ,dipaham,dan dikembangkan oleh siapa saja
*bahasa pemrograman
Definisi: prosedur atau tatacara penulisan program
Dua faktor penting
-       sinsaks, aturan gramasikal yang mengatur  tata cara penulisan kata
-       semantik,aturan untuk menyatakan suatu arti
fungsi:
-       sebagai media untuk menyusuri  dan memahami program
-       sebagai alat komunikasi antara pembuat  program (program)dengan komputer
-       sebagai alat komunikasi antara orang yang satu dengan yang lain
 klasifikasi
-       tingkat rendah (low level language)
-       tingkat menengah (middle level language)
-       tingkat tinggi (wigh level language)
-       berorientasi objek (object oriented language)
pendekatan bahasa pemrograman (anjuran)
-       daerahpendekatan
·      tipe data
·      operator
·      sintaks (tata tulis) statement
Pengolahan data
1.    Tipe data
2.    Variabel
3.    Konstanta
4.    Operator
5.    Ekspresi
1.Tipe data
Data yang diproses oleh komputer  ada 3 jenis :
1.    numerik
2.    karakter
3.    logika
Pada dasarnya data yang diproses di dalam komputer berjenis numerik.  Tipe data yang lain merupakan pengembangan dan interprestasi lain dari data bertipe numerik.
Tipe data numerik
-        
-        
Tipe Karakter
-       karakter tunggal (char)
-       deretan karakter (string)
Tipe logika
-  status 0salah
-  status 1benar
Sebuah data logika menggunakan 1byte memory. Ukuran memory dinyatakan dengan satuan byte 1byte=8BYTE
Pemilihan tipe data
1.    Sesuaikan dengan jenis data yang akan diolah
Pilihlah tipe data sesuai dengan jenis data yang akan diolah. Analisa setiap jenis data yang akan diolah secara seksama tidak setiap data numerik ada kalanya data bertipe numerik akan diproses sebagai string. Misal : nomor telp, nomor induk mahasiswa dll.

2.    Sesuaikan dengan kebutuhan memori
Pilihlah data yang sesuai dengan kebutuhan pengolahan data dan yang menggunakan memori secara efisien.

Sebagai contoh data numerik dengan tipe pecahan terbagi menjadi tipe float dan double. Kedua  tipe data ini sama-sama mengolah data bilangan pecahan, tetapi berbeda dalam pemakaian memori karena range keduanya berbeda.

Variabel
1.    Sebutan bagi lokasi memori yang digunakan untuk menyimpan data
2.    Hanya bisa menyimpan sebuah data dengan tipe tertentu
3.    Penyimpana data baru akan menghapus data lama
4.    Selama proses berlangsung isi variabel bisa diubah-ubah
Penamaan Variabel
1.    diawali dengan huruf kecil kata berikutnya diawali dengan huruf kapital
2.    tidak boleh mengandung spasi atau simbol khusus seperti [ ] - = ?
3.    lebih dari satu kata harus ditulis dempet
4.    variabel string maupun char diakhiri dengan karakter $
Penamaan yang benar
-       gaji
-       total  pendapatan
-       nama $
-       alamat $
Penamaan yang salah
-       gaji (diawali dengan angka)
-       total-pendapatan (ada minus)
-       nama mahasiswa (ada spasi)
-       alamat (ada minus)

Konstanta
   Sebutan bagi lokasi memori yang digunakan untuk menyimpan data
   Hanya bisa menyimpan sebuah data dengan tipe tertentu
   Selama proses berlangsung isi konstanta tidak boleh  berubah
Penamaan Konstanta
   Diawali dengan huruf kapital
   Idem variabel

Operator
   Karakter khusus yang digunakan untuk melakukan proses tertentu
   Memerlukan data untuk proses à disebut operand
   Ada yang bersifat unary (membutuhkan/operand)
   Ada yang bersifat binary(membutuhkan/operand)

Jenis-jenis Operator
1.    Operator Matematika : digunakan untuk melakukan proses matematika
=: Pemberian nilai
*: Perkalian
/: Pembagian dll
2.    Operator relasi : digunakan untuk melakukan proses perbandingan
=: persamaan
: pertidaksamaan
>: lebih dari
: lebih dari atau sama dengan
<: kurang dari
≤: kurang dari atau sama dengan
*pembacaan diawali dengan “apakah”
*hasil proses bernilai benar/salah
3.    Operator Logika : digunakan untuk melakukan proses logika
AND : Logika DAN
OR : logika OR
Hasil proses akan bernilai satu: benar atau salah
Tabel Kebenaran Operator Logika
X
Y
X AND Y
X OR Y
I
I
I
I
I
0
0
I
0
I
0
I
0
0
0
0


Ekspresi (Pernyataan)
1.    Ekspresi Matematika
2.    Ekspresi Relasional
3.    Ekspresi Logika
4.    Elspresi Gabungan

Ekspresi (Pernyataan):
1.    Ekspresi Matematika
     3*4-5+2/52
Ekspresi ini diselesaikan dengan urutan sebagai berikut:
     3x4-5+2/52
{(3x4)-5}+(2/52)
   (12-5)+(2/25)
        7+0,08
          7,08
2.    Ekspresi Relasional
·  10=3 → apakah 10 sama dengan 3?
·  10≠3 → apakah 10 tidak sama dengan 3?
·  10>3 → apakah 10 lebih dari 3?
·  10≥3 → apakah 10 lebih dari atau sama dengan 3?
·  10<3 → apakah 10 kurang dari 3?
·  10≤3 → apakah 10 kurang dari atau sama dengan 3?
3.    Ekspresi Logika
·  Cuaca-cerah And jalanan-ramai
·  Ada angkutan OR ada tumpangan
4.    Ekspresi Gabungan
Urutan proses: (x+y>z) AND (a*b<c)
-       x+y dihitung dulu
-       hasil perhitungan dibandingkan dengan z
-       a*b dihitung dulu
-       hasil perhitungan dibandingkan dengan c
-       hasil perhitungan langkah 2&4 dikombinasikan dengan operator AND