Senin, 19 Desember 2011

Sistem Operasi

SISTEM OPERASI

Pengertian Dari Sistem Operasi :
Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Sistem operasi komputer pada windows XP
Sejarah windows
Windows ditemukan olehWilliam Henry Gates III dilahirkan pada 28 Oktober 1955 dan lebih dikenali sebagai Bill Gates . Windows XP dirilis 25 Oktober 2001. Versi Windows paling sempurna dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, setidaknya sampai Windows Vista dirilis . Menggunakan kernel NT 5.1 yang terkenal dengan kestabilannya.

Windows Experience (Xp) 
   Walaupun  pada dasarnya Win-Xp tetap merupakan sistem operasi 32-bit, versi Windows-Xp Professional disiapkan untuk beroperasi pada level kecepatan 64-bit untuk processor generasi berikutnya buatan Intel dengan nama-kode Ithanium. Windows-Xp terbit di pasaran pada September 2001 (setahun setelah Win-Me).
   Win-Xp benar-benar merupakan perombakan secara besar-besaran dari beberapa versi Windows sebelumnya. Misalnya, selain folder My Document, kini juga terdapat folder My Music, My Picture, My Music dengan kemampuan pemutar suara dan video yang lebih banyak dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.
        Windows XP tidak boleh dikatakan banyak versi kerana ia datang dengan sistem servis pack.Kini ia ada servis pack 2 dan seperti semua tahu ia ada edisi  "Home", "Profesional","Home Edition", "Media Center Edition", "Tablet PC edition", "Profesional x64 Editon". Kesemua edisi ini mempunyai fungsi tambahan masing-masing. Sebenarnya idea untuk membuat sistem servis pack untuk pengguna rumah ini lahir dari windows NT 4.0 yang diperkenalkan untuk kawalan network. Semakin baru servise pack yang kita pakai, semakin selamat komputer kita.

Kelebihannya:
         User friendly dibandingkan dengan sistem operasi yang lain
         Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain
         Banyak software berbasis Windows
         Dukungan driver yang lebih banyak
Kekurangannya:
         Harga licensi mahal
         Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
         Banyaknya virus yang sering menyerang Windows
         Sistem keamanan yang masih dibilang kurang
         Sistem yang kurang stabil
Keamanannya:
         Secara umum, sistem keamanan Windows masih kurang dibandingkan OS yang lain
         Tidak adanya pembatasan user untuk masuk ke OS Windows (administrator by default)
         Setiap user dapat masuk ke dalam sistem Windows (file sistem, registry)
         Rentan terhadap virus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar